16 Apr 2010

Pengetahuan tentang Parfum (Produk Orif ya)

Ini sekedar mau memperpanjang "lidah" sajah. Info yang saya rasa amat perlu kita tau. Utamanya sebagai konsumen parfumnya made in Oriflame (jiaaaahhh.....sok imut ya saya nulisnya)

Ini email dari Mba Mia (sang upline) yang paling yuhui...(hihihi). Smoga bermanfaat ya. Yuk, kita baca sama2

suka ngalamin begini kan... "semprotan pertama enak... tapi lama-lama ngga" ato sebaliknya "semprotan pertama gak enak, tapi lama-lama enak"


OK, ini bukan berarti something wrong with the parfum yaa...

karena ada lapisan-lapisan pada pembuatan parfum, biasanya terdiri dari 3 lapis :

top notes : ini adalah wangi yg muncul saat parfum disemprotkan

middle note : ini wangi yg muncul setelah wangi pertama mulai hilang

base note : ini wangi yg sifatnya lebih tahan lama

nah biasanya, top notes, middle notes dan base notes ini memang terdiri dari aroma yg berbeda-beda. Satu parfum bisa terdiri dari campuran 12 aroma yg terpisah dalam 3 grup (4 top, 4 mid, 4 base).

sekarang masalah suka atau tidak suka, itu lebih ke selera, karena belum tentu selera 1 orang sama dgn yg lainnya... ada yg kebetulan tidak suka pada aroma-aroma yg digunakan dalam formulasi top, sukanya sama yg based, ada yg sebaliknya, ada yg suka dari awal sampe akhir :-)

kenapa bisa terjadi top note, middle note dan base note, nah ini masalah formulasi :D wewangian yg dijadikan top note, dibuat sedemikian rupa supaya menguap lebih awal daripada base note. Artinya racikan top note biasanya dilarutkan pada pelarut yg punya titik uap yg rendah, jadi begitu semprot, sebelum kena suhu kulit, lebih dulu kena suhu ruangan kan yaa... dia langsung menguap, makanya menyebarkan wangi :-) dan base note punya titik uap yg lebih tinggi makanya lebih bertahan di kulit.

wewangian di satu orang, bisa berbeda dari orang yg lain, karena ternyata aroma asli tubuh orang itu dan keringat yg ada di kulit kita bisa mempengaruhi wangi dari parfum. Makanya sebaiknya tidak memilih parfum yg enak menurut orang lain, atau parfum yg kita cium di orang lain wanginya enak... tapi pilihlah parfum yg kita coba sendiri di kulit.

nah sekarang tingkatan-tingkatannya...

parfum oriflame ada yg bentuknya eau de toilette, ada yg bentuknya eau de parfum, ada yg bentuknya parfum oil (ini dulu Eclat yang pernah keluar yaa).

tingkatan2nya adalah :

Perfume, atau disebut juga ekstrak parfum, biasanya mengandung 15-40% kandungan parfum. Ini adalah konsentrasi tertinggi dari semua tingkatan parfum, karena-nya biasanya yg punya label PERFUME (gak pake eau eau-an) harganya lebih mahal.

eau de parfum mengandung konsentrasi 7 - 15% parfum. Kalau merek-merek luar umumnya mengeluarkan seri ini. Wanginya cukup tahan lama, tapi harganya gak semahal parfum. Oriflame punya beberapa eau de parfum kok, silakan liat di katalog yaa...

eau de toilette mengandung konsentrasi 1-6% parfum. Wanginya memang lebih ringan dan tidak tahan lama, karena memang pada awalnya jenis eau de toilette lebih ditujukan utk semacam body splash atau penyegar. Harganya juga cenderung lebih murah daripada eau de parfum. Saya pribadi juga selalu bawa parfum edt di tas, jadi kapan-kapan saya merasa butuh, ya saya semprot-semprot badan.

eau de cologne kadang-kadang ini istilah digunakan utk mengganti eau de toilette. Tapi pada awal penciptaannya, eau de cologne dimaksudkan sebagai penyegar dengan kandungan minyak citrus, yang dipopulerkan oleh Napoleon.


Jadi kalau ada yg protes : wangi parfum X ngga tahan lama... eits, liat dulu fungsinya :D kalau mau tahan lama, pilih tipe eau de parfum, jangan pilih edt.
Atau : parfum oriflame wanginya ngga tahan lama (dibandingkan dengan parfum bermerek, hugo boss misalnya) jyahhh... pertama : parfum branded itu biasanya mengeluarkan versi eau de parfum yaaa... yang kedua : halooo... liat harganya yuuu hehehe... karena kalopun mereka ngeluarin versi edt biasanya harganya gak beda jauh sama edp-nya (yg tetep aja diatas 500juta :D)


nah mudah2an bisa jadi pengetahuan dasar buat kita dulu deh yaa... dibaca, diinget-inget, kalo bisa dihapal sama para consultant...
Email dari Mba Mia ini di tulis karena adanya salah satu konsultan Orif yang "blingsata" alias bingung, karena customernya komplain terkait BAU yang di keluarkan parfum yang telah di belinya, TERNYATA nda sama dengan TESTER BAU yang ada di KATALOG.
Jadi, ayooo smuanya lebih memahami lagi tulisan dari Mba Mia diatas ya (begitu juga dengan saya :D). Jadi, supaya kita lebih cerdas dibanding customer, biar ngga terlibat "polemik" sama customer, ada yg protes sama wangi parfum trus ikutan jadi blingsatan dan ujug2nya nyalahin oriflame :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar