27 Feb 2010

Waktu Kadaluarsa LPG

Artikel ini saya dapatkan dari blognya teman saya (http://niendies.multiply.com/journal/item/2).

Saat saya "singgah" di blog milik teman SMA saya ini, sy tertarik dg salah satu tulisannya yaitu tulisan mengenai KADALUARSA LPG.
mmmhh..hati saya langsung "deg"..Kenapa?? karena selama saya ataupun ibu saya menggunakan LPG, belum pernah juga memperhatikan LPG sampai sedetai itu..yaitu melihat tgl expirednya. Karena biasanya hanya makanan atau produk2 lain yang memang ada tgl kadaluarsanya. Makanya, saya mencoba memperlihatkan tulisan di blog teman saya tsb di blog saya. sapa tau berguna bagi semuanya. Saya buat summary ini tanpa mengurangi isinya.(permisi ya Na..aku tampilkan tulisannya disini juga **^^)

Apabila ada kekurangan, mohon masukkannya yaa




KADALUARSA TABUNG GAS (PART I)

Cara memeriksa masa kadaluwarsa dari tabung LPG adalah:

tanggal kadaluwarsa ditulis dalam alfa code sesuai nomornya sebagai A atau B atau C atau D dan sekitar dua digit angka mengikutinya.


Contohnya: D06

Abjad mewakili empat bulanan (1 kwartal), masa kadaluarsanya:

A Masa kadaluarsanya Maret

B Masa kadaluarsanya Juni

C Masa kadaluarsanya Sept

D Masa kadaluarsanya Des


Dua digit angka berikutnya merupakan tahun kadaluwarsa.

Sehingga, "D06 berarti Desember 2006"


[Sumber: www.pabandi.wordpress.com]


KADALUARSA TABUNG GAS (PART II)

Batas kadaluwarsa tabung LPG bisa dilihat dari stempel pada badan tabung dengan format mm-yy.

Tabung ELPIJI asli dari Pertamina tidak pernah menggunakan istilah A01, D06 dsb. Kalau ada istilah2 spt tsb, hati2.. jangan2 tabung palsu..

Untuk informasi, usia normal tabung LPG adalah 20 tahun. Setiap 5 tahun sekali (bisa lebih cepat, tergantung juga kondisi fisik tabung) dilakukan retest. Jika masih layak, tabung akan dicat ulang dan diberi stempel batas kadaluwarsa baru (5 tahun sejak retest tsb)



Di bagian belakang hand guard, ada beberapa kode.

Artinya adalah sebagai berikut,

1. WC 26.2 L — Water Content. Artinya kalo tabung diisi air, bakalan sebanyak 26.2 liter

2. TW 15.2 — Tare Weight. Berat Kosong Tabung

3. Tanda lingkaran dan 07-2001 — Tabung lulus uji pada Juli 2001

4. TP 31 kg/cm2 : Total Pressure max tabung 31 kg/cm2

5. PR 11 kg : Kalo diisi Propane murni muat 11 kg

6. BU 13 kg : Kalo diisi Butane murni muat 13 kg

Note:

LPG tersusun atas campuran Propane & Butane

Informasi tambahan, jangan mau terima tabung ELPIJI yang karatan, minta dituker aja. Tapi kalo seandainya terlanjur menerima dan toko nggak mau nuker, bisa dibawa dan ditukarkan ke agen resmi (asal tabungnya asli)

Timbang dahulu sebelum membeli. Berat Tabung + 12kg

Jika dibagian depan tabung LPG tertulis 15.1 kg (artinya berat Tabung) maka berat total tabung tersebut : 15.1 + 12 = 27.1 kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar